Senin, 16 November 2009

AIR

Air tahu ya.. sebenarnya bagus, tapi zaman sekarang ini kita tidak tahu campuran apa yang digunakan, apakah mengandung pengawet atau tidak itu perlu diwaspadai juga. Selain itu, air tahu itu kaya akan protein, jadi dalam mengkonsumsinya alangkah baiknya jangan berlebihan juga. Sebab jika berlebihan, maka tubuh akan berusaha membuang kelebihan protein. Akibatnya ginjal dipaksa menyaring darah penuh dengan protein, dan lama kelamaan bisa merusak nefron ginjal (penyaring) akibatnya bisa gagal ginjal kronis.

Jadi untuk air tahu, saran saya jika ingin konsumsi boleh.. tapi jangan setiap hari.

Untuk susu, manfaatnya sudah jelas karena kaya akan protein, di samping itu juga kaya akan Calsium (karena biasa susu dikemas dengan plus Calsium) jadi baik untuk pertumbuhan tulang. Mengenai kerugiannya, sayang sekali banyak susu yang beredar menggunakan pemanis buatan seperti aspartam, yang kurang baik dikonsumsi dalam jangka panjang. Penggunaan aspartam ini diakibatkan karena orang takut mengkonsumsi gula murni selain karena faktor obesitas juga karena berbahaya bagi penderita diabetes. Selain itu susu yang banyak mengandung Calsium juga agak berbahaya bagi penderita maag karena dapat membuat lambung menjadi nyeri. Selain itu seperti yang saya katakan tadi, susu kaya akan protein, jadi perlu diwaspadai bagi penderita gagal ginjal.

Mengenai salak, biasanya dikonsumsi karena merupakan buah. Untuk manfaatnya yang saya tahu dapat digunakan untuk mengobati mencret dan mulas. Mengenai kerugiannya saya belum mengetahui secara pasti, tetapi yang saya tahu adalah biasanya bisa menyebabkan panas dalam juga.

Nenas, jika mengingat nenas.. saya teringat dengan familynya yaitu Bromeliaceae. Mengingat nama Bromeliaceae, mengingatkan juga akan enzim yang sangat terkenal yaitu Bromelin. Enzim ini sangat berguna sebagai enzim yang membantu pencernaan. Selain itu nenas juga membantu pencernaan dalam hal kaya akan serat. Nenas khususnya nenas muda baik dikonsumsi oleh wanita hamil tua karena akan membantu proses kontraksi uterus sehingga memudahkan persalinan. Kebalikannya ya berbahaya dikonsumsi oleh wanita hamil muda, karena dapat menyebabkan keguguran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar