Minggu, 15 November 2009

MEMAHI DISTRO LINUX

A.KERNELL

Dalam sains komputer, kernel merupakan inti dari sistem pengoperasian yang mengatur penggunaan ingatan/memori, peranti masukan dan keluaran, proses-proses, penggunaan fail pada sistem fail dan lain-lain. Kernel juga menyediakan sekumpulan layanan yang digunakan untuk mengakses kernel yang disebut system call. System call ini digunakan untuk mengimplementasikan berbagai layanan yang diberikan oleh sistem pengoperasian. Program sistem dan semua program-program lainnya yang dijalankan di atas kernel disebut user mode.Kernel Linux terdiri dari beberapa bagian penting, seperti: pengurusan proses, pengurusan ingatan, pemacu perkakasan, pemacu sistem fail, pengurusan jaringan dan lain-lain. Namun bahagian yang terpenting ialah pengurusan proses dan pengurusan ingatan. Pengurusan ingatan meliputi penggunaan ingatan, kawasan pertukaran, bahagian-bahagian kernel dan untuk cache penimbal (buffer cache). Pengurusan proses menangani penggunaan proses-proses dan penjadualan proses. Pada bahagian dasar kernel terdapat pemacu perkakasan untuk setiap jenis perkakasan komputer yang disokong.


Kernel adalah suatu core dari Operating System yang mengendalikan seluruh kegiatan dari OS Linux tsb,
software yang menjadi core ( otaknya ) di operating system kayak linux, windos dll, tujuannya agar hardware dapat dikenali oleh software dan dapat di kendalik

Kedudukan kernel dalam sistem komputer

Kedudukkan kernel pada sistem komputer adalah pada root directory yang mengandungi kedua-dua boot program dan fail yang mengandungi kernel untuk sistem. Kernel biasanya menpunyai pelbagai nama, berbeza dari pengilang mesin antara satu sama lain, tetapi kebiasannya ia mempunyai perkataan nix supaya pengguna dapat mencarinya dengan wildcard characters.

B.GNOME VS KDE

1. KDE berorientasi pada tampilan grafis shg tampilannya lebih cantik daripada GNOME yang tidak terlalu “menaruh perhatian besar pada tampilan walaupun juga tidak mengabaikannya sama sekali
2. GNOME lebih irit memori daripada KDE, sehingga performa GNOME
relatif lebih cepat daripada KDE (ini mungkin krn GNOME tidak berorientasi pada grafis tetapi lebih kepada penghematan memori).

Perbedaan Gnome dan KDE

Perbedaan antara KDE dan GNOME secara umum sangatlah mendasar. Keduanya tampak berbeda, karena setiap proyek menggunakan toolkit GUI yang berbeda. KDE berbasis pada pustaka Qt dari Troll Tech AS, sementara GNOME menggunakan GTK, sebuah toolkit yang dibuat untuk program GNU Image Manipulation Program (GIMP).. Sebagai proyek yang terpisah, KDE dan GNOME memiliki pemrogram dan desainernya masing-masing, dengan gaya pengembangan dan filosofi yang berbeda.. Hasilnya, secara mendasar adalah sama: sebuah lingkungan desktop dan koleksi aplikasi yang terintegrasi dan konsisten. Fungsionalitas, usabilitas, dan kecantikan dari KDE dan GNOME bersaing dengan apapun yang ada pada sistem operasi lain.



Dari window manager mereka Gnome menggunakan metacity, KDE menggunakan kwin, Gnome nama file managernya Nautilu, KDE Konqueror. Dari segi hardware requirement minimun yg dibutuhkan Gnome 2.x membutuhkan RAM 384 dan CPU 800 MHz, sedangkan KDE 3.x membutuhkan RAM 512 dan CPU 1 GHz.

C.REMASTERY.

Remastersys adalah tool yang bisa digunakan untuk dua hal pada distro linux debian based.

1. membuat full sistem backup termasuk personal data ke live cd/dvd yang dapat di gunakan di manapun dan dapat di instal

2. dapat digunakan untuk membuat salinan dai sistem anda untuk di bagikan ke teman-teman. Tapi tanpa ada data dari user sebelumnya.

Dari mana asalnya remastersys….

remastersys dibuat oleh Tony Brijeski aka Fragadelic yang terinspirasi dari script mklivecd pada mandriva dan script remasterme pada PCLinuxOS untuk membuat backup dan salinan ubuntu untuk didistribusi ulang.

Caranya gmn??

prosedur penggunaan remastersys sangat sederhana, tidak membutuhkan pengetahuan yang lebih dan sedikit menggunakan command line jika di perlukan. Ada juga dalam bentuk GUI yang sangat mudah digunakan untuk membuat bootable CD, berserta smua dokumen yg ada dalam hitungan menit.

1. Instal Remastersys

buka terminal Aplication-accesories-terminal…

ketik sudo nano /etc/apt/sourcelist.d

tambahkan di bagian bawah

# Remastersys

deb http://www.remastersys.klikit-linux.com/repository remastersys/

simpan dan jalannkan sudo apt-get update dan sudo apt-get install remastersys

2. Manual Remastersys

ketik sudo remastersys pada terminal..

akan muncul perintah dan opsi-opsi dari remastersys

sudo remastersys backup|clean|dist [cdfs|iso] [filename.iso]

contoh:

sudo remastersys backup (untuk membuat backup live cd/dvd dari sistem termasuk personal data)

sudo remastersys backup custom.iso (untuk membuat backup live cd/dvd dari sistem termasuk personal data dengan nama custom.iso)

sudo remastersys clean (untuk membersihkan file temporary dari remastersys)

sudo remastersys dist (untuk membuat distributable live cd/dvd dari sistem)

sudo remastersys dist cdfs (untuk membuat distributable live cd/dvd hanya pada file sistem)

sudo remastersys dist iso custom.iso (untuk membuat distributable live cd/dvd yang nernama custom.iso dengan syarat cdfs sudah di buat)

opsi cdfs dan iso hanya di gunakan jika ingin memodifikasi cd sebelum cd di buat. Misal modifikasi partisi dari isolinux pada livecd/dvd.

syarat2…

memori >256 hardisk free + 5 gb

lepas smua mount point

ketika menjalankan remastersys tutup smua eindows dan aplikasi..

3. Penggunaan Reamastersys..

disini yang saya pakai adalah opsi backup dimana nanti hasilnya copy dari semua personal data saya termasuk username dan password. Sebelumnya kita harus menonaktifkan restricted driver misa ATI dan NVIDIA. Karena tidakakan berfungsi pada livecd. Setelah distribusi yg baru di install pada PC sebaiknya driver ATI atau NVIDIA di install ulang.

Cukup basa basinya .. langsung saja ketik sudo remastersys backup

System Backup Mode Selected

Reading package lists…

Building dependency tree…

Reading state information…

Package popularity-contest is not installed, so not removed

0 upgraded, 0 newly installed, 0 to remove and 0 not upgraded.

Reading package lists…

Building dependency tree…

Reading state information…

No recovery data option specified.

Nama:Anisa khoiriyah.
Dewi noor.s
Masyrifah A.Azny

Tidak ada komentar:

Posting Komentar